Beranda | Artikel
Tamimah Termasuk Kesyirikan
Kamis, 16 Juni 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Tamimah Termasuk Kesyirikan adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang  disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. langsung dari Masjid Al-Barkah, Cileungsi. Pada Sabtu, 11 Dzul Qa’dah 1443 H / 11 Juni 2022 M.

Lihat kumpulan mp3 kajian menguak misteri kesyirikan.

Kajian Tentang Tamimah Termasuk Kesyirikan

Tamimah adalah setiap yang digantungkan pada orang-orang sakit, anak-anak kecil, hewan-hewan dan yang semisalnya untuk menolak ataupun mengangkat bala jika sudah datang.

Imam Ibnul Jauzi Rahimahullahu Ta’ala berkata bahwa sesungguhnya tamimah-tamimah termasuk kesyirikan. Tamimah adalah semacam jimat-jimat yang orang-orang Arab menggantungkannya pada anak-anak kecil. Mereka melindungi anak-anak kecil dengan hal-hal tersebut dengan anggapan mereka. Dan ketika mereka yang menggantungkan tamimah tersebut bermaksud untuk menolak ketetapan-ketetapan Allah, maka itulah yang disebut dengan kesyirikan.

Pengertian yang paling mudah dari kesyirikan adalah:

تسوية غير الله بالله في شيء من خصائص الله

“Menyamakan selain Allah dengan Allah dalam perkara yang khusus milik Allah.”

Orang yang menggantungkan tamimah pada anak-anak, atau pada orang-orang sakit, atau pada hewan, atau pada mobil, atau pada rumah dan seterusnya, ini adalah orang-orang yang melakukan kesyirikan. Yaitu karena menyamakan tamimah-tamimah tersebut dengan Allah dalam perkara yang khusus milik Allah. Apa perkara khusus milik Allah? Yaitu meminta agar selamat, agar ditolak bala, agar diangkat bala dan musibah. Padahal tidak ada yang sanggup melakukan itu kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Simak dan Download mp3 Kajian Tentang Tamimah Termasuk Kesyirikan


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51805-tamimah-termasuk-kesyirikan/